Coffe Morning Komunikasi Belajar Mabessa UPT SMAN 1 Soppeng

Oleh Akhsan 12 Sep 2024, 19:46:26 WITA Kegiatan Sekolah
Coffe Morning Komunikasi Belajar Mabessa UPT SMAN 1 Soppeng

Pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberlakukan Kurikulum Merdeka (KurMer) secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing sekolah mulai tahun ajaran 2021/2022 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMK dan SMA. Salah satu komponen yang diperlukan demi suksesnya implementasi kurikulum merdeka adalah ketersediaan pendidik yang kompeten
Seluruh pemangku kepentingan di sekolah wajib berperan serta dalam meningkatkan kompetensi pendidik. Upaya peningkatan dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, mengikuti komunitas belajar, melakukan penelitian tindakan kelas, melakukan evaluasi kinerja, penggunaan teknologi
Menurut Kemendikbudristek (2022:1) Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Zepeda (2008:80), A professional learning community is an inclusive group of people, motivated by a shared learning vision, who support and work with each other, finding ways, inside and outside their immediate community, to enquire on their practice and together learn new and better approaches that will enhance all pupil’s learning. Komunitas pembelajaran profesional adalah sekelompok orang yang inklusif, termotivasi oleh visi pembelajaran bersama, yang mendukung dan bekerja sama satu sama lain, mencari cara, di dalam dan di luar komunitasnya, untuk mempelajari praktiknya dan bersama-sama mempelajari pendekatan baru dan lebih baik yang akan membantunya meningkatkan pembelajaran seluruh peserta didik. Komunitas belajar dalam sekolah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik
Komunitas belajar dalam sekolah menjadi penting karena dalam dialog tersebut dibangun budaya perjumpaan di antara pendidik.  Kegiatan dialog dapat dilakukan dengan melakukan refleksi, menemukan makna, dan melakukan tindak lanjut. Dalam kesempatan tersebut para pendidik dapat menasehati, mengingatkan, mengembangkan terkait dengan kompetensi pendidik dalam aspek pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.




Tulis komentar Facebook

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment